MAKALAH MICROSOFT WORD
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayah-Nya
penyusunan Makalah “MICROSOFT WORD” dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa
ada halangan yang berarti.
Sekarang
ini kita sedang memasuki era reformasi. Setiap negara saling berlomba memajukan
diri dalam bidang ini. Negara yang tertinggal dibidang Teknologi Informasi akan
cenderung tertinggal dibidang – bidang yang lain. Oleh karena itu,negara kita
juga harus mempelajari dan mengembangkan bidang ini. Upaya saya menyusun
makalah ini demi mengembangkan potensi di bidang Teknologi Informasi.
Saya
menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh
karena itu kami mengundang pembaca untuk memberi saran serta kritik yang dapat
membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan dan
penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir
kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita, mohon maaf jika ada
kesalahan kata atau kalimat, sekian dan terima kasih.
Cirebon,
22 Desember 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................
i DAFTAR ISI...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang......................................................................................................
1
1.2
Tujuan....................................................................................................................
2
1.3
Manfaat.................................................................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengenalan Microsoft Word.................................................................................
3
2.2
Sejarah Singkat Microsoft Excel...........................................................................
4
2.3
Fungsi Microsoft Excel.........................................................................................
7
2.4
Kelebihan Microsoft Excel....................................................................................
8
2.5
Kekurangan Microsoft Excel................................................................................ 10
2.6
Istilah-Istilah Excel............................................................................................... 10
2.7
Cara Menggunakan Microsoft Excel..................................................................... 13
2.8
Memulai Buat Dokumen....................................................................................... 15
2.9
Formula dalam Microsoft Word............................................................................ 18
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan............................................................................................................ 25
3.2
Saran...................................................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Microsoft
Excel merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik )
canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan
sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan
mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengn berbagai jenis tabel
yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi.
Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang
lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn agar spreadsheet ini lebih
familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan
program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk
langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan
selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul
dimanja oleh software microsoft ini.
Dalam
makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel
Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan
penting dalam dunia pendidikan misalnya dlam mengentri data-data nilai siswa,
merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan
lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai
penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.
1.2 Tujuan
Setelah
mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memahami
cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office
Excel.
2. Mengoperasikan
fungsi menu-menu lembar sebar
3. Mengoperasikan
menu-menu editing lembar sebar.
4. Menggunakan
rumus dan fungsi pada lembar sebar
5. Mengoperasikan
perintah cetak pada lembar sebar
6. Mampu
menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan
sehari-hari.
1.3 Manfaat
Setelah
mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat
1. Memahami
cara mengoperasikan lembar sebar
2. Menghindari
kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3. Mengoperasikan
fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4. Menggunakan
rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun
1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam
paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi
perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen
data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha
sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data
dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang
komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel
agar proses penggunaan lebih mudah.
2.2
Sejarah Singkat Microsoft Excel
Pada
tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang
disebut denganMultiplan, yang sangat populer
dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam
sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus
1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program
spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti
yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it
better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi
pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan
versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program
spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis
MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa
pasar programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu
perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang
andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft,
dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua
tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office
Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya
adalah Excel for Mac.
Pada
awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah
nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers
dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini
diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut
mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi.
Microsoft
juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program
tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program
tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya
penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat
oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan
mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah
*.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran
file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel
menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan programspreadsheet yang
mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat
lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan
kolom, serta mengandungdata atau formula dengan berisi referensi
absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel
merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka
sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1
(1-2-3)
WK4
(1-2-3)
WJ3
(1-2-3 Japanese) (.wj3)
WKS
(1-2-3)
WK3
(1-2-3)
WK1
FMT(1-2-3)
WJ2
(1-2-3 Japanese) (.wj2)
WJ3,
FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
DBF
2 (dBASE II)
WQ1
(Quattro Pro/DOS)
WK3,FM3(1-2-3)
Microsoft
Excel Chart (.xlc)
WK1,
ALL(1-2-3)
WJ1
(1-2-3 Japanese) (.wj1)
WKS
(Works Japanese) (.wks)
Sedangkan
beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007
antara lain:
Microsoft
Excel 2.1 Worksheet
Microsoft
Excel 2.1 Macro
Microsoft
Excel 3.0 Worksheet
Microsoft
Excel 3.0 Macro
Microsoft
Excel 4.0 Worksheet
Microsoft
Excel 4.0 Macro
Microsoft
Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
Microsoft
Excel 4.0 Workbook
DBF
3 (dBASE III)
DBF
4 (dBASE IV)
Berikut
ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
*.xls,
merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih
berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
*.xlt,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel
sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat
menyimpan macro VBA.
*.XML,
atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu
menampung macroVBA.
*.xla,
merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format
BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk
menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
*.xlsx,
merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan
keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan
struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari
format .xls yang kuno.
*.xlsm,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis
XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
*.xlsb,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis
XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan
lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini
adalah untuk menanganiworksheet yang sangat besar yang terdiri atas
puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
*.xltm,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12,
yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan
pengganti dari format*.xlt.
*.xlam,
merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel
12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat
tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.3
Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi,
dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah,
baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat
kompleks.
2. Grafik,
dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik
yang komunikatif.
3. Komunikasi,
dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user)
lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam
bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal
(komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja
yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu
saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang
lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik
sekali.
5. Otomatis,
dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita
ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan
perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi,
Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan
fasilitas macro.
2.4
Kelebihan Microsoft Excel
Excel
2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna
dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah
desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format
file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles,
pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang
lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya.Perhatikan sebagian
ilustrasi berikut ini:
1. Jumlah
kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A
hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta
baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan
berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada
Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel
mencapai 17 miliar.
3. Memori
yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang
berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah
warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya
56.
5. Jumlah
kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya
dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah
level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level,
bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah
daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000,
sebelumnya hanya 1.000.
8. Maksimal
jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya
hanya 1.000 karakter.
9. Jumlah
maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal
jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar,
sebelumnya hanya 64.000.
11. Jumlah
baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta
baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah
kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya
255 kolom.
13. Jumlah
field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel
2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data
entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca
excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software
statistik lainnya.
15. Dengan
memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas
responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau
antar file excel.
16. Dengan
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang
kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap
ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan
terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan
saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
2.5
Kekurangan Microsoft Excel
Kelemahan
tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan
data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1.
Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa
crosstab atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel
dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel
pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus
memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot
otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika
di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2.
Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap
editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook
Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini
cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan
mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya
calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini
cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau
komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol
office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual
dan Recalculate Workbook before saving
3.
Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
2.6 Istilah-Istilah
Excel
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan
dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai
yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks
adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak
perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau
penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.untuk
lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah
dalam Excel
a. Cell
: merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah
karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3, cell D5.
b. Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c. Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256)
d. Range
: merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang
anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri
atas sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4
sampai cell D6
e. Alamat
Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau
fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh
: cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi
B8*6f. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan
dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh
: Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi
$A5*7g. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan
tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat
absolut pada formula bar.
Contoh
: cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi
$A$1*5h. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat
itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri
formula bar.
Contoh
: Holla nama lain range A5:G7D. Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell
Pointer)Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan
sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk
menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang
diinginkan.Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar
untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel
tersebut.Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard.
Berikut
daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard:
·
Tombol Fungsi ← ↑ → ↓
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah.
·
Tab Pindah satu sel ke
kanan.
·
Enter Pindah satu sel ke
bawah.
·
Shift + Tab Pindah satu sel
ke kiri.
·
Shift + Enter Pindah satu
sel ke atas.
·
Home Pindah ke kolom A pada
baris yang sedang dipilih.
·
Ctrl + Home Pindah ke sel A1
pada lembar kerja yang aktif.
·
Ctrl + End Pindah ke posisi
sel terakhir yang sedang digunakan.
·
PgUp Pindah satu layar ke atas.
·
PgDn Pindah satu layar ke
bawah.
·
Alt + PgUp Pindah satu
layar ke kiri.
·
Alt + PgDn Pindah satu
layar kekanan.
·
Ctrl + PgUp Pindah dari
satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya.
·
Ctrl + PgDn Pindah dari
satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya.
Jenis
Data pada Cell
1.
Konstanta, terdiri dari 4 jenis type
data yakni :
a. Character
: semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukanperhitungan
yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b. Numeric
: angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c. Date
: data tanggald. Time : data waktu
2.
Formula seperti rumus yang selalu
diawalidengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah(+).
2.7 Cara
Menggunakan Microsoft Excel
2.7.1
Cara memulai aplikasi Microsoft Excel
2007
Langkah-langkah:
Pilih tombol Start di
pojok kiri bawah tampilan windows.
Setelah muncul tampilan
menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft
Excel.
2.7.2
Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel
2007
Gambar
1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1.
Judul
Menampilkan judul
program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2.
Office Button
Berisi barisan perintah
untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3.
Akses Cepat Toolbar (Quick Access
Toolbar)
Merupakan sarana yang
disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya
misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4.
Toolbar
Merupakan deretan
tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5.
Help
Bila kita ingin
bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms.Excel akan
memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6.
Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan
informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7.
Cell
Cell Aktif Penggulung vertical
8.
Lembar aktif
9.
Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor
Baris
13. Nomor
Kolom
2.8
Memulai Buat Dokumen
Pada
sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan
data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar
tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara
memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut
contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 2.
Langkah-langkah membuat
dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat
Judul dan Sub Judul Laporan
·
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan
Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja” pada Cell
aktif tersebut.
·
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada
Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan
dibawah ini:
·
Buat data tabel pada Laporan dengan
memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel dan A8, A9,
B8, B9, dst untuk data pada tabel.
2.
Penggunaan Cell
·
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di
tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai
A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cellagar judul laporan terletak
ditengah-tengah tabel.
·
Agar huruf pada judul laporan dan tabel
tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format
font lainnya seperti underlineatau italic.
3.
Penggunaan AutoFill
Pada
kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat
dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika
kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru.
Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang
dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell
berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah
diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah
pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan
tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.
Pada
Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number
secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy
data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data
tabel seperti pada Gambar 3.
Gambar
3.
4. Penggunaan
format Tabel dan Cell
·
Microsoft Excel menyediakan fasilitas
format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna
border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti
ini , kemudia akan
muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.
Gambar
4
·
Kita juga dapat melakukan format tabel
dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang
disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 4 menggunakan
format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok
tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai F15, kemudian klik panah pada
tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.
2.9 Formula
dalam Microsoft Word
2.9.1
Pemakaian Fungsi ( Formula Rumus )
Rumus
merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel
dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi.
Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang
Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses
perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini,
dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).
2.9.2
Macam-macam formula
1.
Fungsi Aritmatik
Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,dan pangkat di lakukan dengan
cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
Misal
: Penjumlahan [ + ] :
=A1+B1 atau +A1+B1.
Pengurangan [ -
] :
=A1-B1 atau +A1-B1.
Perkalian
[ *
] :
=A1*B1 atau +A1*B1.
Pembagian
[ /
] :
=A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2 [ ^ ] : =A1^2 atau A1^2.
2.
Fungsi Statistik
a. Min
(Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range.
b. Max
(Range) :
mencari nilai terbesar dari suatu range.
c. Sum
(Range) :
mencari jumlah dari isi data yg terdapat pada range
d. Average
(Range) : mencari nilai
rata-rata dari suatu range.
e. Count
(Range) : mencari
jumlah data yg terdapat pada suatu range.
3.
Fugsi Kelompok Text
a. Left : mengambil karakter yang ada di
sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan
: =LEFT(teks, jumlah_karakter)
b. Right
: mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan
karakter.
Penulisan
: =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
c. Mid
: mengambil karakter yang ada di tengah dari
satu kesatuan karakter.
Penulisan
: =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
d. Upper
:
mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi
huruf besar / kapital.
Contoh
: =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
e. Lower
: mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi
huruf kecil.
Contoh
: =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
f. Proper
:
mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi
huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh:
=PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
g. Len : mengambil karakter terkiri
sejumlah yang dinyatakan pada argumen jumlah_karakter.
Contoh
: =Len(“Praktikum”) menghasilkan 9
Catatan
!!! tanda koma ( , ) diatas dapat juga diganti dengan tanda titik koma ( ; ),
disesuiankan dengan komputer yang dipakai.
4.
Fungsi Logika
a. And
(Logical 1,logical 2,…,logical 30)
→
menghasilkan argument true jika semua logika benar.
b. Or
(Logical 1,logical 2,…,logical 30)
→
menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
c. Not
(Logical)
→
menghasilkan kebalikan logika.
d. If
(Logical Text, Value True, Value False)
→
menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan.
A
Fungsi AND, Or, dan NOT Fungsi AND akan menghasilkan nilai True jika semua
kondisinya terpenuhi. Sedangkan OR akan menghasilkan True apabila dua
kondisinya terpenuhi. Dan NOT menyangkal sebuah kondisi.
5.
Fungsi Absolut
Fungsi
penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah
saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik
tanda dollar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda
ingin tidak berubah. Seperti contoh formula =D4 berubah saat anda salin ke cell
lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.
Namun
jika penggunaannya hanya ditujukan untuk meng-absholutkan baris / kolom
saja maka cara penggunaannya sama, hanya saja ketika kita menekan F4, kita
perlu memperhatikan penempatan tanda dolar ($). Yaitu apabila untuk :
·
Absolut kolom [ $D4 ] : tanda $ (dollar)
berada di depan kolom (A) maka artinya kolom A mutlak tidak dapat diubah-ubah
akibat pengkopian
·
Absolut baris [ D$4 ] : tanda $ (dollar)
terletak di depan baris (4) maka artinya baris 4 mutlak tidak dapat
diubah-ubah akibat pengkopian
6.
Fungsi Lookup
a. Vertical
Lookup (vlookup)
Fungsi
Vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk
menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan:
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
b. Horisontal
Loolup (hlookup)
Fungsi
Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. Fungsi Hlookup dipakai untuk
menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Penulisan:
: =HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
7.
Fungsi IF Bercabang
Fungsi
IF bercabang merupakan pengembangan dari bentuk fungsi IF tunggal yang
digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang cukup kompleks. Contoh :
=IF(Nilai <>
8.
Fungsi String
·
VALUE, digunakan untuk merubah nilai
teks numberik menjadi nilai value (bersifatbilangan).
·
FIND, digunakan untuk menghasilakan
posisi substring dari sebuah string.hasil dari fungsi ini adalah suatu nomor
dari karakter yang dicari. Penulisannya FIND(cari teks, pada teks, mulai
nomor).
·
MID, digunakan untuk mengambil karakter
tertentu dari sederet karakter.
·
LEFT dan RIGHT, Fungsi LEFT digunakan
untuk mengambil substring dari sebelah kiri string. Sedangkan Fungsi RIGHT
digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kanan substring.
·
REPLACE, digunakan untuk menggantikan
substring dengan substring lainnya.
·
CONCATENATE, digunakan untuk
menggabungkan string untuk menjadi suatu kalimat.
9.
Fungsi Tanggal dan Waktu
·
Fungsi DATE, digunakan untuk memasukkan
tanggal ke dalam suatu sel.
·
Fungsi YEAR, MONTH, DAY, digunakan untuk
mengambil tahun, bulan, dan tanggal
·
Fungsi NOW dan TODAY, NOW digunakan
mengambil tanggal dan waktu dari system dengan format default mm/dd/yy. Fungsi
TODAY hanya mengambil tanggal dari system computer dengan format default
mm/dd/yy.
·
Fungsi TIME, digunakan untuk memasukkan
waktu ke sebuah sel atau mengubah angka serial waktu ke dalam waktu tertentu.
·
Fungsi HOUR, MINUTE, SECOND. HOUR
digunakan mengambil jam dari sebuah penulisan waktu atau dari angka serial
waktu. MINUTE digunakn mengambil menit dari sebuah penulisan waktu. SECOND
digunakan mengambil detik dari sebuah penulisan waktu.
·
Fungsi DATEVALUE dan TIMEVALUE. Fungsi
DATEVALUE mengubah nilai tanggal antara 1 januari 1990 dan 31 desember 2007
menjadi serial angka. Fungsi TIMEVALUE mengubah waktu menjadi serial angka
dalam bentuk decimal antara 0 dan 1.
10.
Fungsi Tabel
a. HLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, row_index_num,……)
b. VLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, col_index_num,……)
Fasilitas
yang disediakan Microsoft Excel, untuk mengurangi kesalahan penulisan rumus:
·
Klik Cell yang dituju
·
Pilih menu insert dan klik Function sehingga
muncul kotak dialog Paste Funticion
·
Pada daftar Funcition category, klik
Lookup & Refence dan pada Funtion name klik VLOOKUP lalu klik OK
·
Lookup_value diisi dengan cell kunci
yang akan dibandingkan dengan table.
·
Table_array diisi dengan range table
data yang akan dibaca.
·
Col_index_num diisi nomor indeks kolom
yang akan diambil datanya
·
Klik OK.
11.
Fungsi yang sering digunakan
·
Fungsi Sum(…)
Digunakan
untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
·
Fungsi Averange(….)
Digunakan
untuk mencari nilai rata – rata dari sekumpulan data(range).
·
Fungsi Max(…)
Digunakan
untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data(range).
·
Fungsi Min(…)
Digunakan
untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data(range).
·
Fungsi Count(…)
Digunakan
untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih.
·
Fungsi STDEV(…)
Digunakan
untuk menentukan standar deviasi dari suatu data (range).
·
Fungsi Var(..)
Digunakan
untuk menentukan nilai variance dari suatu data(range).
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila
di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007.
Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafikdataotomatis.
3.2
Saran
Makalah
Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya
menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam
makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk
membuat makalah selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Pandia, Henry. 2007. Teknologi Informasi
dan komunikasi. Bandung : Erlangga
·
Wahyu Wasistu, Agung. 1993. Paint Brush
MS Write & MS Excel. Yogyakarta : Andi Offset Yogyakarta
Comments