Ingin Jadi Penulis Yang sukses..?? Dari Sinilah Kita Harus Memulainya..!!


Ingin Jadi Penulis Yang sukses..?? Dari Sinilah Kita Harus Memulainya..!!
Pengen jadi penulis yang sukses dan terkenal di wilayah nasional bahkan go internasional, kenapa engggak…??? Kita boleh punya cita-cita seluas langit sedalam lautan (cieee..., dalem banget ..hehe) asal kita punya satu hal, yaitu TEKAD YANG KUAT . akan tetapi bagi kita sebagai pemula pasti akan kebingungan dari mana kita harus harus memulainya. Cukup sederhana, salah satunya kita hanya memerlukan rutinitas dalam berlatih menulis. Ini dia selengkapnya tentang “Tips dan Trik memulai Menulis”
Bangkitkan motivasi dalam diri
Ada sebuah pepatah yang membuat saya bersemangat untuk menjadi seorang penulis, “menjadi penulis bukan merupakan bakat akan tetapi membutuhkan keterampilan”. Keterampilan ternyata bias kita dapatkan dari rutinitas kita dalam berlatih menulis. Artinya semua orang bisa menjadi seorang penulis, asalkan mau berlatih. Contoh seberhana, kita bias memanfaatkan buku kosong di rumah untuk dijadikan buku diary, nah dari menulis diary kta akan mendapatkan banyak manfaat termasuk melatih keterampilan menulis kita.
Sering-seringlah untuk membaca dan mendengarkan 
Dengan membaca dan mendengarkan, akan menambah wawasan dan bisa kita gunakan dalam menulis, kita bisa mebaca karya-karya orang lain yang menurut kita menarik dan mendengarkan “curhatan teman” misalnya untuk membatu kita menemukan ide dalam menulis.
Tanggap terhadap peristiwa
Peristiwa apapun bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan, walaupun hanya hal sepele, diibaratkan , “daun jatuh pun bisa menjadi sebuah tulisan” (hehe pepatah ini saya dapatkan dari kaka pelatih pada saat pelatihan menulis esay dari Indosat dan Berita5 kemaren). Saya ambil contoh, kta pasti sering sms-an kan baik sama temen, keluarga, apa lagi sama pacar, gak usah ditanya lagi tuh ckckckc… nah dari percakapan di sms itu bisa kita jadikan sebuah karya tulis. Hebat kan…???hehe
Langsung selasaikan tulisan alias jangan ditunda-tunda
Ketika kita memulai untuk membuat sebuah tulisan terutama artikel, usahakan untuk langsung menyelesaikannya , minimal harus selasai 80%. Karna jika ditunda-tunda, biasanya ketika akan menyambung kembali tulisannya selalu ada rasa malas dan hasilnya pun tidak akan sesuai harapan.
Awali dengan kreatif dan akhiri dengan kritik 
Maksudnya, kita telah memulai menulis dengan kreatifitas yang kita miliki dan kita juga bisa memberikan sentuhan akhir pada tulisan kita dengan kritik. jangan hanya bisanya mengkritik kejeleken orang hehe , kita juga bisa mengkritik hasil karya kita sendiri atau minta teman kita yang mengkritiknya lalu memperbaiki kesalahan-kesalahanyang ada.
Berikan judul yang menarik 
Pasti dalam benak kita ada pertanyaan, “bagaimana yah agar tulisan kita menarik minat baca para pembaca???” jawabannya adalah berikan judul yang menarik dan menggugah rasa ingin tahu, karena judul merupakan faktor penting untuk merangsang para pembaca agar mau membaca tulisan kita. Tapi ingat, isinya juga jangan nyeleweng dari judul yang kita berikan dan jangan kalah menarik juga hehehhe..
Mulailah untuk mempublikasikannya
“bagaimana cara mempublikasikannya?? “ Hehe benyak cara kok untuk mempublikasikan karya tulis kita, salah satunya adalah dengan membuat sebuah blog. Tapi inget jangan coba-coba copas (alias copy-paste) karya orang lain, sebab hal itu bias bikin kecanduan (hihihikaya narkoba aja) ini sempat saya alami sendiri.

Ooopsss…. Selain itu kita juga bisa mempublikasikannya lewat mading sekolah atau kita ikutan jadi anggota forum penulis, seperti saya yang mengikuti ekstrakulikuler FI-KIR (Forum intelektual karya Ilmiah Remaja) kejurnalisan di sekolah saya, SMAN 1CIKIJING. Sehingga saya bisa mempublikasikan karya-karya saya lewat madding, majalah dan bulletin-buletin yang ada di FI-KIR. Dan satu lagi, jangan sia-siakan event-event seperti lomba menulis esay yang diadakan oleh Indosat dan Berita 5 ini. Soal menang atau kalah itu urusan belakangan, dengan mengikutinya saja kita bisa merasakan manfaat yang luar biasa. Terima kasih Indosat, terima kasih berita.
Jangan mudah putus asa 
Dalam menulis, kita pasti akan merasakan naik turunnya semangat kita untuk menulis. Bisa karena tiba-tiba malu, minder, atau bahkan putus asa karena tulisan kita tidak pernah bisa diterima. Semua itu hal yang wajar. Ada yang mengatakan, bahwa untuk menjadi seorang penulis kita harus berdarah-darah terlebih dahulu. Hehehehe ..yang penting semangat dan terus memotivasi diri kita untuk tetap menulis.
Mulailah sekarang juga dan jangan ragu, ayo kita menjadi penulis yang sukses…!!!!!

Post a Comment