Langkah-Langkah Membuat Email Baru Di Google (Gmail)


Gmail

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004.
Fitur
Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! Dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.
Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.
Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.
Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Cara Membuat Email Baru Di Google (Gmail)

Cara Membuat Email Baru Di Google (Gmail) - Bagi saudara yang ingin menggunakan fitur-fitur dari Google; memiliki sebuah akun email adalah sebuah keharusan. Karena banyak di antara fitur Google hanya bisa diakses dengan menggunakan akun gmail. Cara mudah memiliki akun Google adalah dengan membuat email baru google.

Email Google adalah layanan email yang gratis dengan kapasitas yang sangat besar. Layanan ini menjadi semakin laris karena Google mengintegrasikan sistem akun email-nya dengan fasilitas seperti blogspot dari blogger.comgoogle webmaster toolsgoogle analytic, youtube, feedburner, dan lain-lain. Untuk membuat email baru di Google silahkan lakukan prosedur sederhana berikut:

1.      Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk menggunakan browser Chrome, karena lebih enak dan cepat menurut saya. Tapi kalau belum download, pakai dulu seadanya. bisa pake Internet Explorer atau Mozila Firefox

http://infodari.com/wp-content/uploads/2011/10/langkah-1a-cara-membuat-email-google.jpg

2.      Masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau  http://gmail.com . Sehingga tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian pilih tombol [create an account] atau Buat Akun yang berada di pojok kanan atas

 
3.      Akan ada formulir untuk mengisi data-data anda. Masukkan keterangan yang diminta seperti di bawah ini
·     Isikan nama depan dan nama belakang anda
·     Isikan alamat email yang anda inginkan (akun harus belum digunakan orang lain)
·     Masukan password yang anda ingikan
·     Masukkan ulang password anda
·     Isikan tanggal kelahiran anda
·     Pilih jenis kelamin
·     Masukkan nomor ponsel
·     Masukkan alamat email lain jika ada
·     Isikan lokasi atau negara anda
·     Setujui persyaratan Google
·     Terakhir klik tombol Langkah berikutnya (lihat contoh gambar di bawah)
 
4.      Pada sebagian pendaftaran (sebagian lagi tidak), akan ada permintaan verifikasi akun melalui nomor telepon, anda akan melihat layar di bawah ini. Silahkan diisi dengan nomor ponsel. 
 
5.      Tunggu beberapa saat sampai SMS dari sistem otomatis Google masuk ke HP anda memberikan nomor verifikasi. Isikan nomor tersebut pada layar verifikasi.



6.      Langkah selanjutnya membuat email baru Google, adalah pemasangan foto profil, jika belum mempunyai foto yang diinginkan lewati saja
 
7.      Proses membuat email baru di Google sudah selesai, silahkan klik Lanjutkan ke Gmail
 






Seperti inilah tampilan antar muka Dashboard Gmail.  Di dalam sini anda bisa menulis email, mengirim email, menerima email, dan juga membaca email.  Selain itu anda juga bisa chating langsung dengan teman anda yang juga pengguna gmail.

 
Cara Sign out atau keluar dari Gmail.com
Untuk keluar dari gmail anda harus meng-klik tombol sign-out dahulu, dan jangan langsung mengklik exit pada jendela browser.  Jika anda tidak mengklik tombol sign-out terlebih dahulu dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka situs gmail.com pada komputer yang baru saja anda gunakan, ada kemungkinan  yang tampil adalah account gmail anda, tentu saja hal ini tidak baik. karena  isi email anda bisa dilihat orang yang tidak anda inginkan.
Hal di atas biasanya terjadi ketika pengguna mengakses  email di warnet, pengguna terkadang lupa menekan tombol Sign out. Lain halnya jika yang digunakan komputer atau laptop pribadi. Karena laptop pribadi umumnya hanya pemiliknya yang menggunakan.
Untuk sign out klik pada alamat emailmu di pojok kanan atas, kemudian klik Sign Out. Perhatikan gambar di bawah ini
 Cara Login atau masuk Gmail.com
Jika sudah sign-up kemudian anda ingin membuka email atau mengakses kotak masuk gmail anda, langkahnya cukup mudah, anda tinggal akses http://mail.google.com, atau gmail.com jika sudah tampil jendela gmail, masukkan username email, dan password anda, kemudian klik tombol Sign in maka anda akan di bawa ke kotak masuk gmail anda.
 
Cara Mengirim email di gmail
Setelah berhasil membuat email di gmail, mari belajar mengirim email. Untuk mengirim email lewat gmail ini sangat mudah. Hanya perlu beberapa klik saja.
1.      Setelah masuk ke ke halaman email seperti gambar di bawah ini. Klik pada Tombol Compose yang berwarna merah.
2.      Setelah tombol Compose di atas ditekan, nanti akan muncul jendela untuk mengirim email. Perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini


·                          Pada bagian To merupakan kolom untuk mengisi alamat email yang akan dikirim email. Subject merupakan judul atau tema email, dan pada kolom yang paling lebar adalah tempat untuk menulis email.  Setelah semua kolom diisi semua, silahkan klik tombol Send untuk mengirim email
·                           Itulah panduan bagaimana cara membuat email di gmail dan cara mengirim email dengan gmail. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.

Post a Comment