TANAMAN OBAT TRADISIONAL

ILALANG


Tanaman ilalang ini mungkin lebih sering kita kenal sebagai tanaman perusak atau gulma, karena tanaman ini sangat mudah sekali tumbuh di mana-mana terutama di lahan-lahan yang kosong. 

Selama ini juga mungkin ilalang hanya sering dimanfaatkan sebagai makanan ternak, dibuat atap gubuk, atau mungkin dibuang begitu saja karena dianggap sebagai tanaman pengganggu yang tidak berguna. Akan tetapi semua yang diciptakan di dunia ini pasti ada fungsi serta manfaatnya masing-masing.

Ilalang yang memiliki nama ilmiah impera cylindrical ini memiliki kandungan kimia seperti asam malic, glukosa, asam sitrat, arundoin, coixol, silindrin, simiarenol, fernerol, aneminon, semiarenoln, esin, saponin, alkali, polofenol, san tannin.



Dengan berbagai kandungan kimia dalam ilalang tersebut menjadikan ilalang cukup berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya untuk menurunkan panas karena bersifat anti-piretik, meluruhkan kemih ( bersifat diuretik), menghentikan pendarahan ( bersifat hemostatik), serta menghilangkan rasa haus dan menjadikan tenggorokan adem.

Dalam ilmu medis pengobatan tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan akar ilalang. Caranya pun sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan akar ilalang secukupnya kemudian rebus hingga menyisakan kurang lebih setengah dari jumlah air saat awal merebus. Selanjutnya diamkan hingga dingin dan mungkin Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa jika diperlukan.

Pakar ahli pengobatan tradisional, prof. Hembing mengatakan bahwa khasiat ilalang juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit kesehatan seperti infeksi ginjal, batu ginjal, batu empedu, kencing batu, keputihan, batuk darah, susah buang air kecil, mimisan, batuk rejan, pendarahan, campak, demam, hepatitis, darah tinggi, asma, radang paru-paru, diare, gangguan pencernaan, serta jantung koroner.

Pemanfaatan ilalang ini juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa contoh pengolahan ilalang untuk mendapatkan khasiat ilalang.
  1. Radang ginjal akut
Caranya sangat mudah siapkan kurang lebih 60-120 gr akar ilalang segar yang sudah di cuci bersih. Selanjutnya potong akar menjadi kecil-kecil dan rebus hingga mendidih dengan air kurang lebih 3 gelas dan sisakan 1 gelas saja. Kemudian minum secara rutin 2-3 kali dalam sehari.


  1. Mengobati muntah darah
Caranya siapkan kurang lebih 30-60 gr akar ilalang yang masih segar lalu cuci bersih. Potong dengan ukuran kecil-kecil dan rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Dingin kan lalu minum secara rutin.
  1. Kencing nanah
Siapkan akar ilalang kurang lebih 300 gr lalu cuci bersih dan potong-potong dengan ukuran kecil. Kemudian rebus dalam air 2.000 cc dan diamkan hingga tersisa kurang lebih 1.200 cc. Tambahkan sedikit gula batu dan diamkan hingga dingin. Minum secara rutin 3 kali sehari sebagai ganti minum teh.
  1. Mimisan
Siapkan akar ilalang secukupnya lalu tumbuk dan peras airnya hingga memperoleh 100 cc lalu minum air perasan tersebut secara langsung. Atau bisa dengan memakai cara: siapkan 30 gr akar ilalang segar lalu cuci bersih kemudian rebus dengan air kurang lebih 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya minum air rebusan tersebut.







REBUNG
Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.
Saat ini, rebung sudah dapat diolah untuk berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung.


Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.
Masyarakat Indonesia lebih mengenal nama Rebung sebagai sayur untuk masakan di rumah. Rebung memiliki rasa yang lezat dan diketahui bisa membuat selera makan bertambah.


Di samping memiliki rasa yang lezat, ternyata Rebung diketahui memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 5 manfaat rebung bagi kesehatan:
1.      Rebung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
Kandungan antioksidan ini bisa menangkal radiasi bebas senyawa yang berbahaya bagi manusia. Sedangkan jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung namanya adalah Fitosterol.

2.      Rebung mengurangi resiko kanker. 
Kandungan serat yang tinggi pada rebung bisa mengurangi resiko terkena kanker, khususnya kanker di saluran pencernaan. Dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang mampu menyingkirkan berbagai zat pengotor sekaligus menyingkirkan pemicu kanker.

3.      Rebung untuk program diet.
Bagi yang sedang dalam program melangsingkan tubuh, serat akan membuat perut terasa kenyang hingga nafsu makan makin mudah dikendalikan. Selain itu, rebung mengandung lemak dan gula yang rendah sehingga cocok sebagai penunjang dalam program diet alami.

4.      Rebung dapat menjaga kesehatan sel-sel.
Sayuran ini banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

5.      Rebung mengurangi resiko stroke.
Makanan yang kaya akan kalium, setidaknya 400 mg, diketahui sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Penderita stroke biasanya mengalami defisiensi mineral ini.


PINUS

Pohon pinus kadang di kenal juga dengan nama Tusam, Pohon Pinus sendiri sering di samakan dengan Pohon cemara hanya saja Pohon Cemara temasuk family Casuarinaceae sedangkan Pinus termasuk family Pinaceae, pinus di kenal dengan aromanya yang harus, sehingga sering orang menjadikanya sebagai Terapi.
Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan
1.      Mengurangi stress
Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari mampu menurunkan stres. Jika di daerah Anda sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi.

2.      Sembuhkan bronchitis
Kemampuan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas, dan ronchitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut.

3.      Flavonoid dan vitamin C
Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus sarat akan antioksidan, yaitu flavonol dan bioflavonoid. Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi suplemen diet. Pycnogenol juga digunakan sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.

4.      Redakan nyeri otot
Minyak pinus juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang nyeri otot. Namun pilih minyak pinus P. Pinaster, bukan Scotch pinus (P.sylvestris). Scotch pinus bisa membuat kulit iritasi.

















RUMPUT TEKI

Rumput teki merupakan salah satu tanaman gulma sejenis rumputan. Namun, rumput teki (Cyperus rotundus L) mengandung berbagai bahan penting untuk pengobatan herbal. Kandungan utamanya adalah minyak atsiri yang terdapat dalam umbi rumput ini.
Manfaat dan Khasiat Rumput Teki
Berbagai kandungan rumput teki sebagai obat herbal diambil dari umbinya. Manfaat umbi rumput teki sebagai obat, antara lain:
1.      Umbi segar yang digeprak kemudian diseduh dengan air panas dapat digunakan sebagai obat busung air dan kencing batu.

2.      Umbi yang direbus dan air rebusannya diminum bisa digunakan sebagai obat berberapa penyakit, seperti pengantur haid, menyembuhkan keputihan, sebagai obat penenang, memperlancar buang air besar, dan mempercepat pembekuan darah pada luka baru.
3.      Umbi segar yang ditumbuk dapat digunakan untuk perangsang ASI dan penghenti pendarahan ramim.

4.      Umbi rumput teki yang diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa mempelancar buang air kecil.

5.      Tepung yang membuat dari umbi rumput teki digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol. Bisa juga dicairkan dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat  penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.















Merupakan tumbuhan jenis obat yang kadang di kenal dengan Aleo vera atau yang memiliki nama latin Aloe barbadensis Milleer, tumbuhan ini sudah sangat di kenal ribuan tahun yang lalu sebagai tanaman yang mampu untuk menyuburkan Rambut, penyembuhan luka dan juga perawatan pada kulit. Tumbuhan ini juga sangat mudah kita jumpai di kawasan kering di Afrika, Namun tidak perlu jauh-jauh ke Afrika, saat ini di Indonesia sudah bisa kita temuakan dengan mudah lidah buaya ini Nah tinggal bagai mana kita mengolah dan memberdayakan yang sudah ada ini untuk di jadikan sebagai tanaman yang bisa menyuburkan rambut atau yang lainnya.


Tumbuhan Lidah buaya memilki banyak sekali ragam jenisnya yakni Mencapai 200 Jenis lidah buaya, dari sekian banyak jenis lidah buaya yang paling baik di gunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensismiller. Lidah buaya jenis ini memiliki banyak sekali zat yang di perlukan tubuh yakni Sekitar 72 Zat yang di perlukan tubuh. Yakni, macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
·         Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
untuk menyuburkan rambut dengan cara memotong daunnya kemudian mengoleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu baru dibersihkan dan dibilas.

·         Khasiat Lidah Buaya Sebagai Anti Oksidan
Lidah buaya dapat di manfaatkan sebagai anti Oksidan  sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mem­bantu mencegah penyakit degeneratif.

·         Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyembuhan Luka
lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga

·         Khasiat Lidah Buaya Sebagai Antiinflamasi
Lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal ini bisa diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan secara internal. Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.






·         Manfaat Lidah Buaya Sebagai Bahan Kecantikan
lidah buaya banyak dipergunakan pada berbagai produk kosmetik, seperti krim, lotion, atau sabun. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang be'rguna bagi kulit, membantu menguat­kan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta mem­bantu mencegahpenuaan dini.


















SELEDRI

Daun seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan daun sop ini memiliki nama latin Apium graveolens, Tumbuhan ini biasanya di jadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau masakan tak terkecuali di Indonesia. Seledri sudah di kenal sangat lama di peradaban dan tidak di ketahui secara pasti mengenai di mana tumbuhan ini berasal, Nah untuk Indonesia tumbuhan seledri ini masuk ke Indonesia mealui Orang-orang Belanda pada zaman penjajahan dahulu, yang mana pada zaman dahulu tumbuhan ini di manfaatkan sebagai penyedap sup. Oleh karena itulah banyak orang di Indonesia kadang menyebut daun seledri ini sebagai daun sup atau daun sop. selain untuk Masakan ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai manfaat daun seledri ini.
Siapa sangka jika di balik daunnya yang hijau dan bertextur yang acak juga memiliki manfaat yang terkandung di dalamnya yang luar biasanya banyak, salah satunya yang sering di sebut adalah kemampuan daun seledri untuk menambah jumlah air kencing, dalam artian membuat air kencing menjadi lancar. Berikut beberapa khasiat seledri yang bisa anda ketahui.


Manfaat Daun Seledri :
  1. Seledri baik untuk dinding lambung dan saluran usus.
  2. Memperlambat proses penuaan(menjaga kemudaan sel)
  3. Menjaga kelenturan dan aktivitas otot
  4. Mengobati asma
  5. Mengobati diabetes
  6. Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
  7. Melancarkan aliran darah
  8. Menetralkan asam tubuh
  9. Melindungi otak dan sistem saraf
  10. Mengobati arthritis
  11. Mengobati neuritis
  12. mengobati rematik
  13. Menurunkan tekanan darah
  14. Menjaga berat badan

Pemanfaatan Daun Seledri Untuk Pengobatan
Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat batuk :
  1. Siapkan daun seledri yang masih segar dan masih utuh, (lengkap dengan batang dan akarnya)
  2. Potong-potong daun seledri tersebut, secukupnya
  3. Rebus daun seledri tersebut, dengan air 3 gelas, sampai mendidih
  4. Saring airnya dan biarkan sampai dingin
  5. Tambahkan madu lebah secukupnya
  6. Bagi menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan petang




Khasiat Daun Seledri Sebagai Obat Rematik :
  1. Ambil satu tangkai daun seledri yang masih segar
  2. Cuci sampai bersih, lalu gunakan daun seledri tersebut untuk lalapan saat makan.
  3. Lakukan setiap hari dengan rutin.

Manfaat Daun Seledri Untuk Mengobati mata kering :
  1. Siapkan daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang masih segar, kira-kira 1/3 genggam
  2. Cuci bersih
  3. Tumbuh sampai halus ramuan yang sudah kita siapkan tersebut, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur
  4. Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas
  5. Aduk-aduk, kemudian saring dan ambil airnya
  6. Minum air perasan tersebut 3x sehari

Khasiat Daun Seledri Untuk Tekanan darah tinggi :
  1. Siapkan 100g daun seledri yang masih segar, kengkap dengan batang, dan akarnya
  2. Cuci bersih daun seledri yang sudah kita siapkan tersebut
  3. Tumbuk sampai halus
  4. Tambahkan 1 gelas air bersih
  5. Rebus air ramuan daun seledri tersebut
  6. Biarkan sampai dingin, selanjutnya bagi menjadi dua
  7. Minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore


KUNYIT









Kunyit merupakan salah satu rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur. Hampir setiap masakan lezat dari Indonesia tidak luput dari kunyit sebagai bumbunya. Selain dijadikan sebagai bumbu masak, kunyit yang memiliki nama latin Curcuma Domestica Val ini juga sering dijadikan jamu dan bahan ramuan obat tradisional.

            Malahan belakangan ini, semakin marak produk-produk
kecantikan dengan menggunakan bahan dasar kunyit. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.



·         Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat.

·         Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.

·         Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami.

·         Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena punya sifat anti-kanker.

·         Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.

·         Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda.

·         Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.

·         Kunyit dapat memainkan peran penting dalam hal mencegah leukemia.

·         Memasukkan kunyit dalam diet Anda sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit.

·         Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda secara efektif.

·         Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

·         Mencegah proses penuaan karena punya sifat antioksidan.

·         Sebagai salah satu komponen yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan.

·         Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.

·         Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan warna kulit cerah.

·         Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

·         Mengatur insulin, ini adalah salah satu peran dari kunyit terhadap diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

·         Mengurangi lemak, diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.
·         Mencegah infeksi, patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.
Cara Membuat Ramuan Kunyit
Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Untuk pengobatan luar, kunyit bisa diparut dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit.
1.      Untuk Pengobatan Dalam

            Untuk penggunaan internal, Anda bisa mengonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum setiap hari dan lihat manfaatnya untuk kulit Anda.

2.      Untuk Pengobatan Luar

Sementara untuk penggunaan eksternal, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lihat perbedaan yang terjadi pada kulit wajah Anda.

a)      Mengobati Keputihan dengan Kunyit
Untuk keputihan, Anda dapat menggunakan dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, sepotong gula kelapa atau aren. Semua bahan direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin sati gelas sehari.



b)      Mengobati Koreng dan Gatal
Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, lalu dioleskan di area yang bermasalah.

c)      Merangsang Keluarnya ASI
Khusus wanita, untuk merangsang pengeluaran ASI saat menyusui dapat menggunakan pupuk kunyit yang disapukan pada payudaranya. Dan masih banyak lagi cara pengobatan dengan kunyit ini.















JAHE

Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini sudah dikenal sebagai rempah berkhasiat selama ribuan tahun yang lalu. Manfaat jahe terutama karena kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.
Jahe diperkirakan berasal dari daratan Cina Selatan, yang kemudian menyebar ke seluruh Asia, Eropa, Afrika hingga Amerika Latin. Hampir selalu ada dalam berbagai masakan oriental, baik berupa tumisan, bakar, goreng, hingga kukus.
Terlepas manfaat kesehatan yang terkandung, jahe manwarkan rasa dan aroma khas yang menambah sedap masakan. Jahe juga biasa digunakan untuk membantu menghilangkan bau amis bahan makanan seperti ikan, udang, daging sapi, dan unggas.



1.      Morning sickness
Jahe diyakini memiliki efek positif bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran jahe menjadi cara paling efektif untuk mengatasi gangguan ini.

2.      Memerangi sel kanker
Kandungan nutrisi dalam jahe juga membantu meredam perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sejumlah studi mengungkap khasiat ekstrak jahe dalam memerangi beragam kanker seperti kanker ovarium dan usus.

3.      Mengurangi sakit dan radang
Jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat dijadikan obat pengurang rasa sakit. Bagi Anda yang memiliki masalah osteoarthritis atau arthritis, jahe merupakan pilihan tepat untung mengurangi rasa sakit.

4.      Antibakteri
Dalam sebuah metode uji laboratorium, jahe menunjukkan efek antibakteri dan antijamur. Jahe mengandung sejumlah besar anti-oksidan zingerone dan dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi.

5.      Obat mabuk perjalanan
Bagi Anda yang sering mengalami mabuk perjalanan, ada baiknya Anda mengkonsumsi minuman jahe. Rempah ini diyakini selain mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

6.      Atasi gangguan menstruasi
Berbagai obat kimia hadir untuk mengurangi rasa sakit yang dialami wanita saat menstruasi. Namun, Anda harus mencoba cara alami ini. Mengkonsumsi teh jahe yang dicampur dengan gula merah.

7.      Sakit gigi
Untuk mengatasi masalah gigi, gosokkan jahe mentah pada gigi yang nyeri, jika perlu ratakan pada seluruh bagian dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit.

8.      Batuk dan sakit tenggorokan
Jahe juga dikenal sebagai obat Ayuverdic untuk batuk dan sakit tenggorokan. Jahe tidak hanya menenangkan saluran tenggorokan, tetapi juga mempercepat penyembuhan.

9.      Mengatasi mual perut
Untuk membuatnya sangat mudah. Pertama, cuci bersih jahe, lalu jemur selama satu hari. Kemudian, jahe dikupas sedikit kulitnya dan digeprek. Lalu, seduh dengan air panas sambil ditutup hingga hangat. Ramuan tersebut kemudian dicampurkan dengan air gula sesusai selera. Minumlah satu kali sehari.
10.  Menurunkan kolesterol
Sejumlah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe secara reguler efektif mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Kandungan gingerol dalam jahe juga memiliki efek antikoagulan yang mampu mencegah penggumpalan darah. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang memperlancar aliran darah.









11.  Menghilangkan jerawat
Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil. Bersihkan hingga bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe hingga ketebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Aplikasikan jahe yang sudah diris ke seluruh area wajah sambil berikan pijatan perlahan. Putar-putar hingga jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.

12.  Membuang racun dalam tubuh
Tambahkan dua ratus gram bubuk jahe pada air hangat. Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Termasuk membantu membuang racun dalam tubuh melalui keringat. Berendamlah selama sekitar 20 hingga 30 menit. Sambil berendam, penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Anda perlu mengembalikan mineral dan cairan yang hilang melalui keringat.

13.  Menghilangkan sakit kepala
Jahe tidak hanya membantu mengurangi rasa mual, tetapi juga bermanfaat untuk memerangi sakit kepala. Karena dalam jahe mengandung anthistamin dan anti inflamasi. Jika sakit kepala telah melanda, Anda dapat menikmati manisan jahe untuk mengurangi rasa nyeri.









TEMULAWAK


Temulawak yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bahan jamu. Temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir mirip dengan kunyit. Di beberapa daerah temulawak disebut sebagai koneng gede.
Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.
Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.
Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.


Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
1.      Mengatasi gangguan pencernaan
Macam-macam gangguan kesehatan di saluran pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia, dan indisgestion dapat diatasi dengan temulawak. Di tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis mendapati penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara teratur.

2.      Meringankan osteoarthritis
Manfaat kesehatan yang kedua ini ternyata sudah masyur di India sejak ribuan tahun yang lalu. Temulawak, atau yang biasa dikenal dengan sebutan curcuma, memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, seperti osteoarthritis tersebut.

3.      Mengatasi Kanker
Temulawak juga efektif dalam mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Dari jurnal ilmiah “The Prostate”, diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical center menjelaskan hal tersebut dengan membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.









Cara Membuat Jamu Temulawak
Banyak cara mengolah temulawak, kebanyakan mengolahnya menjadi jamu. Tapi, terkadang rasa pahit itu ada ketika dikonsumsi. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah temulawak menjadi jamu untuk mengobati berbagai penyakit:
1.      Sakit Limfa
·         Bahan:
2 rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran.
·         Cara membuat:
temulawak dan lengkuas diparut, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan disaring.
·         Cara menggunakan:
diminum 1 kali sehari 1 cangkir.

2.      Sakit Ginjal
·         Bahan:
2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling.
·         Cara membuat :
temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus bersama dengan bahan lainnya dengan 1 liter air, dan disaring.
·         Cara menggunakan:
diminum selama 3 hari.







3.      Sakit Pinggang
·         Bahan:
1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing.
·         Cara membuat :
semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air, dan disaring.
·         Cara menggunakan:
diminum 1 kali sehari 1 gelas.

4.      Mengobati Asma
·         Bahan:
1 1/2 rimpang temulawak, 1 potong gula aren.
·         Cara membuat:
temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring.

5.      Sakit Kepala dan masuk angina
·         Bahan:
beberapa rimpang temulawak.
·         Cara membuat:
temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring disaring.







6.      Mengobati Sakit Maag
·         Bahan:
1 rimpang temulawak.
·         Cara membuat:
temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih, dan disaring.
·         Cara menggunakan:
diminum 1 kali sehari 1 gelas.

7.      Sakit perut, Sakit perut pada waktu haid
·         Bahan:
1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya.
·         Cara membuat:
temulawak diparut, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas
·         Cara menggunakan:
diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

8.      Menghilangkan bau amis sewaktu haid
·         Bahan:
1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
·         Cara membuat:
temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan, kemudian bersama bahan lainnya ditaruh dalam waskom (rantang/ panci), diberi 2 gelas air panas dan ditutup rapat selama kurang lebih 15 menit, dan disaring.
·         Cara menggunakan :
diminum 3 kali, 1 kali sehari.




9.      Memperbanyak produksi ASI
·         Bahan:
1 1/2 rimpang temulawak, dan tepung saga secukupnya.
·         Cara membuat:
temulawak diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur dan ditambah air panas secukupnya sehingga menjadi bubur.
·         Cara menggunakan :
dimakan biasa.

10.  Memacu ASI yang macet
·         Bahan :
1 1/2 rimpang temulawak diparut, 1 potong gula kelapa, 2-3 sendok makan adonan sagu.
·         Cara membuat :
temulawak diparut, kemudian bersama bahan lainnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring.
·         Cara menggunakan :
diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.

11.  Kesulitan buang air besar/berak
·         Bahan:
1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
·         Cara membuat :
temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sampai kering, kemudian bersama bahan lainnya diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
·         Cara menggunakan:
diminum biasa.




12.  Mengobati Sembelit
·         Bahan :
1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya.
·         Cara membuat :
kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
·         Cara menggunakan :
diminum biasa.

13.  Menambah nafsu makan
·         Bahan:
2 rimpang temulawak, 1/4 rimpang lengkuas, 1/2 genggam daun meniran.
·         Cara membuat :
semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
·         Cara menggunakan :
diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.













KUMIS KUCING

Kumis kucing memiliki nama ilmiah (Orthosiphon grandiflarus), adalah tumbuhan semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama negara-negara beriklim tropis.
Bagian dari tanaman kumis kucing yang paling bermanfaat adalah daunnya, yang mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh.
Kumis kucing juga sudah terbukti khasiatnya untuk penyembuhan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat.
Berikut beberapa contoh manfaat khasiat daun kumis kucing untuk mengobati penyakit, dan serta cara meramunya:
1.      Untuk mengobati kencing batu, melancarkan air kencing, sakit pinggang, darah tinggi, dan diabetes militus:
Ambil daun kumis kucing satu genggam, rebus dengan air 2 gelas, hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan ini sehari satu gelas sebelum tidur malam.
2.      Untuk memperlancar pengeluaran air kemih: 
Siapkan kumis kucing kira-kira 30 gram, akar Alang-alang 30 gram, meniran 30 gram, cuci hingga bersih semua ramuan tersebut, lalu rebus semua ramuan tersebut diair sebanyak tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi 1,5 gelas. Minum ramuan tersebut 3x sehari sebanhyak ½ gelas.

3.      Untuk mengobati batu ginjal:
Siapkan Daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, lalu semua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih. Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari.

4.      Untuk mengobati batu ginjal anda bisa mencoba cara yang lain, yaitu :
Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam, daun keji beling 5 lembar, cuci sampai bersih, kedua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Minum rebusan ramuan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari.









DAFTAR PUSTAKA
http://caraobat.blogspot.com
http://manfaatbuahdaun.blogspot.com
http://www.sheentin.com
http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com

http://inovasikesehatan.blogspot.com
Post a Comment