MAKALAH MICROSOFT WORD

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan Makalah “MICROSOFT WORD” dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti.
Sekarang ini kita sedang memasuki era reformasi. Setiap negara saling berlomba memajukan diri dalam bidang ini. Negara yang tertinggal dibidang Teknologi Informasi akan cenderung tertinggal dibidang – bidang yang lain. Oleh karena itu,negara kita juga harus mempelajari dan mengembangkan bidang ini. Upaya saya menyusun makalah ini demi mengembangkan potensi di bidang Teknologi Informasi.
Saya  menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberi saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan dan penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita, mohon maaf jika ada kesalahan kata atau kalimat, sekian dan terima kasih.

Cirebon, 22 Desember 2014



Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................................ iDAFTAR ISI...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang...................................................................................................... 1
1.2         Tujuan.................................................................................................................... 2
1.3         Manfaat................................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1         Pengenalan Microsoft Word................................................................................. 3
2.2         Sejarah Singkat Microsoft Excel........................................................................... 4
2.3         Fungsi Microsoft Excel......................................................................................... 7
2.4         Kelebihan Microsoft Excel.................................................................................... 8
2.5         Kekurangan Microsoft Excel................................................................................ 10
2.6         Istilah-Istilah Excel............................................................................................... 10
2.7         Cara Menggunakan Microsoft Excel..................................................................... 13
2.8         Memulai Buat Dokumen....................................................................................... 15
2.9         Formula dalam Microsoft Word............................................................................ 18
BAB III PENUTUP
3.1         Kesimpulan............................................................................................................ 25
3.2         Saran...................................................................................................................... 25

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengn berbagai jenis tabel  yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting  adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dlam mengentri data-data nilai siswa, merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.







1.2     Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.      Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
2.      Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
3.      Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar.
4.      Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
5.      Mengoperasikan perintah cetak pada lembar sebar
6.      Mampu menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan sehari-hari.

1.3     Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat
1.      Memahami cara mengoperasikan lembar sebar
2.      Menghindari kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3.      Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4.      Menggunakan rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.










BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

2.2     Sejarah Singkat Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut denganMultiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi.



Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan programspreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandungdata atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1 (1-2-3)
WK4 (1-2-3)
WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
WKS (1-2-3)
WK3 (1-2-3)
WK1 FMT(1-2-3)
WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
DBF 2 (dBASE II)
WQ1 (Quattro Pro/DOS)
WK3,FM3(1-2-3)
Microsoft Excel Chart (.xlc)
WK1, ALL(1-2-3)
WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
Microsoft Excel 2.1 Worksheet
Microsoft Excel 2.1 Macro
Microsoft Excel 3.0 Worksheet
Microsoft Excel 3.0 Macro
Microsoft Excel 4.0 Worksheet
Microsoft Excel 4.0 Macro
Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
Microsoft Excel 4.0 Workbook
DBF 3 (dBASE III)
DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
*.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
*.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
*.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macroVBA.
*.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
*.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
*.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
*.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menanganiworksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
*.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format*.xlt.
*.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.3  Fungsi Microsoft Excel
1.      Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2.      Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.

3.      Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4.      Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5.      Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6.      Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.

2.4  Kelebihan Microsoft Excel
Excel 2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya.Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini:
1.      Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.  Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2.      Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3.      Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4.      Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5.      Jumlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6.      Jumlah level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7.      Jumlah daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
8.      Maksimal jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
9.      Jumlah maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
10.  Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
11.  Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12.  Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
13.  Jumlah field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14.  Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
15.  Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
16.  Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.



2.5  Kekurangan Microsoft Excel
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1.      Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2.      Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before saving
3.      Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

2.6    Istilah-Istilah Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a.       Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5.
b.      Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c.       Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
d.      Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
e.       Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6f.    Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7g.    Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5h.    Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7D.    Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan.Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut.Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard.

Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard:
·         Tombol     Fungsi ← ↑ → ↓    Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah.
·         Tab    Pindah satu sel ke kanan.
·         Enter    Pindah satu sel ke bawah.
·         Shift + Tab    Pindah satu sel ke kiri.
·         Shift + Enter    Pindah satu sel ke atas.
·         Home    Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih.
·         Ctrl + Home    Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif.
·         Ctrl + End    Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan.
·         PgUp   Pindah satu layar ke atas.
·         PgDn    Pindah satu layar ke bawah.
·         Alt + PgUp    Pindah satu layar ke kiri.
·         Alt + PgDn    Pindah satu layar kekanan.
·         Ctrl + PgUp    Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya.
·         Ctrl + PgDn    Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya.
Jenis Data pada Cell
1.        Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a.       Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukanperhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b.      Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c.       Date : data tanggald.  Time : data waktu
2.        Formula seperti rumus yang selalu diawalidengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah(+).
2.7    Cara Menggunakan Microsoft Excel

2.7.1        Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.

2.7.2        Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Gambar 1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1.        Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
 

2.        Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.

3.        Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4.        Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5.        Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

6.        Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7.        Cell
Cell Aktif Penggulung vertical

8.        Lembar aktif

9.        Nama Range

10.    Fungsi

11.    Penggulung

12.    Nomor Baris

13.    Nomor Kolom
2.8         Memulai Buat Dokumen
Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 2.

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
·         Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”   pada Cell aktif tersebut.
·         Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan                    dibawah ini:

·         Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel  dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
2. Penggunaan Cell

·         Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cellagar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.



·         Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underlineatau italic.

3. Penggunaan AutoFill
Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.

Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 3.

Gambar 3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
·         Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini ,  kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.



Gambar 4
·         Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 4 menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
 * Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell   A7 sampai F15, kemudian klik panah pada tombol  dan pilih All Border seperti pada tampilan   dibawah ini.

2.9    Formula dalam Microsoft Word

2.9.1        Pemakaian Fungsi ( Formula Rumus )
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+          Penjumlahan
-           Pengurangan
*          Perkalian
/           Pembagian
^          Perpangkatan
%         Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).

2.9.2        Macam-macam formula
1.    Fungsi Aritmatik
   Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,dan pangkat di lakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
Misal :             Penjumlahan    [ + ]                 : =A1+B1 atau +A1+B1.
                        Pengurangan   [ -  ]                 : =A1-B1 atau +A1-B1.
                        Perkalian         [ * ]                  : =A1*B1 atau +A1*B1.
                        Pembagian       [ /  ]                  : =A1/B1 atau +A1/B1.
                       Pangkat 2        [ ^ ]                  : =A1^2 atau A1^2.

2.    Fungsi  Statistik
a.       Min (Range)                : mencari nilai terkecil dari suatu range. 
b.      Max (Range)               : mencari nilai terbesar dari suatu range.
c.       Sum (Range)               : mencari jumlah dari isi data yg terdapat pada range
d.      Average (Range)         : mencari nilai rata-rata dari suatu range.
e.       Count (Range)            : mencari jumlah data yg terdapat pada suatu range.


3.    Fugsi Kelompok Text
a.       Left                 : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu    kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)

b.      Right               : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)

c.       Mid                 : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.    
Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)

d.      Upper              : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital.
Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA

e.       Lower              : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil.
Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya

f.       Proper              : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh: =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum

g.      Len                  : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada   argumen jumlah_karakter.
Contoh : =Len(“Praktikum”) menghasilkan 9
Catatan !!! tanda koma ( , ) diatas dapat juga diganti dengan tanda titik koma ( ; ), disesuiankan dengan komputer yang dipakai.
4.    Fungsi  Logika
a.       And (Logical 1,logical 2,…,logical 30) 
→ menghasilkan argument true jika semua logika benar.
b.      Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30) 
→ menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
c.       Not (Logical) 
→ menghasilkan kebalikan logika.
d.      If (Logical Text, Value True, Value False) 
→ menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan.
A Fungsi AND, Or, dan NOT Fungsi AND akan menghasilkan nilai True jika semua kondisinya terpenuhi. Sedangkan OR akan menghasilkan True apabila dua kondisinya terpenuhi. Dan NOT menyangkal sebuah kondisi.

5.    Fungsi Absolut
Fungsi penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik tanda dollar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti contoh formula =D4 berubah saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.
Namun jika penggunaannya hanya ditujukan untuk meng-absholutkan baris  / kolom saja maka cara penggunaannya sama, hanya saja ketika kita menekan F4, kita perlu memperhatikan penempatan tanda dolar ($). Yaitu apabila untuk :
·         Absolut kolom [ $D4 ] : tanda $ (dollar) berada di depan kolom (A) maka artinya kolom A mutlak tidak dapat diubah-ubah akibat pengkopian
·         Absolut baris [ D$4 ] : tanda $ (dollar) terletak di depan baris (4) maka artinya baris  4 mutlak tidak dapat diubah-ubah akibat pengkopian
6.    Fungsi Lookup
a.       Vertical Lookup (vlookup)
Fungsi Vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan: =VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
b.      Horisontal Loolup (hlookup)
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Penulisan: : =HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)

7.    Fungsi IF Bercabang
Fungsi IF bercabang merupakan pengembangan dari bentuk fungsi IF tunggal yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang cukup kompleks. Contoh : =IF(Nilai <>

8.    Fungsi String
·         VALUE, digunakan untuk merubah nilai teks numberik menjadi nilai value (bersifatbilangan).
·         FIND, digunakan untuk menghasilakan posisi substring dari sebuah string.hasil dari fungsi ini adalah suatu nomor dari karakter yang dicari. Penulisannya FIND(cari teks, pada teks, mulai nomor).
·         MID, digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sederet karakter.
·         LEFT dan RIGHT, Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kiri string. Sedangkan Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kanan substring.
·         REPLACE, digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lainnya.
·         CONCATENATE, digunakan untuk menggabungkan string untuk menjadi suatu kalimat.
9.      Fungsi Tanggal dan Waktu
·         Fungsi DATE, digunakan untuk memasukkan tanggal ke dalam suatu sel.
·         Fungsi YEAR, MONTH, DAY, digunakan untuk mengambil tahun, bulan, dan tanggal
·         Fungsi NOW dan TODAY, NOW digunakan mengambil tanggal dan waktu dari system dengan format default mm/dd/yy. Fungsi TODAY hanya mengambil tanggal dari system computer dengan format default mm/dd/yy.
·         Fungsi TIME, digunakan untuk memasukkan waktu ke sebuah sel atau mengubah angka serial waktu ke dalam waktu tertentu.
·         Fungsi HOUR, MINUTE, SECOND. HOUR digunakan mengambil jam dari sebuah penulisan waktu atau dari angka serial waktu. MINUTE digunakn mengambil menit dari sebuah penulisan waktu. SECOND digunakan mengambil detik dari sebuah penulisan waktu.
·         Fungsi DATEVALUE dan TIMEVALUE. Fungsi DATEVALUE mengubah nilai tanggal antara 1 januari 1990 dan 31 desember 2007 menjadi serial angka. Fungsi TIMEVALUE mengubah waktu menjadi serial angka dalam bentuk decimal antara 0 dan 1.

10.  Fungsi Tabel
a.       HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, row_index_num,……)
b.      VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, col_index_num,……)

Fasilitas yang disediakan Microsoft Excel, untuk mengurangi kesalahan penulisan rumus:
·         Klik Cell yang dituju
·          Pilih menu insert dan klik Function sehingga muncul kotak dialog Paste   Funticion
·         Pada daftar Funcition category, klik Lookup & Refence dan pada Funtion name klik VLOOKUP lalu klik OK
·         Lookup_value diisi dengan cell kunci yang akan dibandingkan dengan table.
·         Table_array diisi dengan range table data yang akan dibaca.
·         Col_index_num diisi nomor indeks kolom yang akan diambil datanya
·         Klik OK.

11.  Fungsi yang sering digunakan
·         Fungsi Sum(…)
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
·         Fungsi Averange(….)
Digunakan untuk mencari nilai rata – rata dari sekumpulan data(range).
·         Fungsi Max(…)
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data(range).
·         Fungsi Min(…)
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data(range).
·         Fungsi Count(…)
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih.
·         Fungsi STDEV(…)
Digunakan untuk menentukan standar deviasi dari suatu data (range).
·         Fungsi Var(..)
Digunakan untuk menentukan nilai variance dari suatu data(range).












BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah grafikdataotomatis.

3.2 Saran
Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.







DAFTAR PUSTAKA
·         Pandia, Henry. 2007. Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung : Erlangga
·         Wahyu Wasistu, Agung. 1993. Paint Brush MS Write & MS Excel. Yogyakarta : Andi Offset Yogyakarta
Post a Comment